Sarana  SAR adalah alat dan perlengkapan yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas SAR. Sebagai salah satu lima komponen operasi SAR,  maka sarana SAR selalu diupayakan untuk tetap mampu memenuhi dan mendukung keberhasilan operasi SAR.

Wilayah Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau dan perairan yang sangat luas. Potensi kerawanan terhadap terjadinya musibah akan sesuai dengan kondisi dan karakteristik masing-masing wilayah. Wilayah rawan musibah dapat diketahui dari catatan semua musibah yang pernah terjadi, dan kemungkinan kecelakaan yang terjadi karena transportasi maupun musibah disebabkan oleh bencana alam dari kondisi geografis setempat.

Parameter keberhasilan operasi SAR adalah kecepatan tim SAR tiba dilokasi musibah dan memberikan pertolongan, hal ini dapat dicapai dengan tersedianya sarana dan peralatan yang memadai serta penempatan pada lokasi yang tepat.

Untuk mencapai hal tersebut diatas maka sarana SAR  dapat dikatagorikan sebagai berikut :

a. Sarana SAR Darat

b. Sarana SAR Laut

c. Sarana SAR Udara

d. Peralatan SAR

e. Perlengkapan SAR

Perlengkapan SAR adalah perlengkapan dan bahan yang digunakan sebagai kelengkapan sarana SAR  untuk mendukung pelaksanaan tugas/ operasi SAR. Jenis - jenis perlengkapan SAR, antara lain : Pyroteknik, Makanan darurat, Kantong mayat, dan Pakaian lapangan