PENDAKI TERPEROSOK KE DALAM KAWAH KETIKA HENDAK MENGABADIKAN MOMEN

Tomohon - Basarnas Manado mendapat laporan bahwa seorang pendaki terperosok ke kawah Gunung Lokon ketika hendak mengabadikan momen pendakiannya, Sabtu (25/3). Gunung dengan ketinggian 1580 mdpl tersebut berada sekitar 5 km dari Kota Tomohon. Korban diketahui bernama David Lambanaung, remaja laki-laki berusia 17 tahun warga Kelurahan Pall 4 Kota Manado.

David dan rekannya yang tergabung dalam komunitas Kelabat Green Ranger yang berjumlah 6 orang mendaki Gunung Lokon dan berniat untuk mengabadikan pendakian mereka. Remaja-remaja tersebut berfoto di bibir kawah. David berinisiatif untuk melakukan hal ekstrim. David turun ke kawah dan berniat untuk menuliskan namanya di kawah Gunung Lokon. Lama berselang, sekitar pukul 17.00 WITA kabut mulai turun dan menutupi pandangan, David masih berada di dalam kawah. Rekan-rekannya berusaha untuk memanggil David namun tidak ada jawaban, akhirnya rekan-rekan David yang kedinginan berinisiatif turun dari puncak dan menunggu di basecamp. Namun hingga pukul 21.00 WITA. David tak kunjung datang. Akhirnya rekan David melaporkan ke Basarnas Manado untuk meminta bantuan.

Basarnas Kantor SAR Manado yang menerima informasi terebut langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian. Tim rescue Basarnas Manado tiba sekitar pukul 06.00 WITA Minggu (26/3) dan langsung berkoordinasi dengan Polsek Tomoho, Rapi, Orari, TNI, Relindo, PMI serta masyarakat setempat.Tim SAR gabungan langsung melakukan pendakian dan mencari korban.Tim SAR gabungan menyisir kawah Gunung Lokon. Lokasi korban akhirnya diketahui berada di dalam kawah sekitar pukul 09.30 WITA. Tim SAR gabungan sulit menjangkau korban karena medan yang terjal dan material pasir dan batu yang membahayakan. Tim rescue Basarnas Manado dan tim SAR gabungan harus membuat tambatan di bibir kawah dan turun menggunakan tali ke dalam kawah. Permukaan curam yang dipenuhi pasir dan batu-batu vukanik bisa setiap saat jatuh menimpa tim rescue  sedang turun. Korban ditemukan tak bernyawa oleh tim rescue yang turun. Proses pengangkatan korban dari dalam kawah cukup lama. Hingga akhirnya dengan korban berhasil dinaikkan sekitar pukul 16.00 WITA. Jenazah korban langsung dibawa turun ke basecamp dan tiba sekitar pukul 17.00 WIB.
Link Terkait
PEJABAT