KLM Kembang Selamat Tenggelam Di Teluk Tomini

Manado – KLM Kembang Selamat dengan sepuluh person on board (POB) dengan rute Bau-Bau Kendari menuju Kalimantan Timur tenggelam pada koordinat  00 08 341 S – 124 23 100 E tepatnya di Perairan Teluk Tomini Kamis (30/3) pagi. Informasi kapal yang diketahui berjenis pinisi tersebut baru diterima Kantor SAR Manado dari Agus anggota Bakamla sekitar pukul 15.30 WITA. Tidak lama setelah menerima informasi Kantor SAR Manado memberangkatkan tim rescue berjumlah 15 personil dengan menggunakan KN SAR Bima Sena menuju lokasi kejadian. 

Kantor SAR Gorontalo juga menerima informasi dari Vira tentang tenggelamnya KLM Kembang Selamat tersebut pukul 15.00 WITA. Petugas komunikasi Kantor SAR Gorontalo berhasil berkomunikasi dengan Anjas Iskandar nakhoda KM Kembang Selamat bahwa kesepuluh POB dalam keadaan selamat dan bertahan diatas rakit pada koordinat 0 13 1 S – 124 27 41 E. Mendapati informasi ini Kantor SAR Gorontalo juga memberangkatkan tim rescue dengan menggunakan KN 216 Gorontalo menuju lokasi kejadian. 

Pencarian yang dilakukan Tim SAR akhirnya dapat menemukan kesepuluh POB KLM Kembang Selamat itu pada pukul 24.00 WITA dalam kondisi selamat. Seluruh POB kemudian dievakuasi ke kapal SAR untuk diberikan penanganan medis dan selanjutnya akan dibawa ke Pelabuhan Bitung. Kesepuluh ABK tersebut masing-masing bernama Anca iskandar, Syamsudin, Herman, Rusniansyah, Muhiddin, Ali Baharudin, Nurdiansyah M Yusuf, Hamsah, Rahman dan Abdul Samad.
Link Terkait
PEJABAT